Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas yang dapat diakses secara gratis. Rumah Belajar hadir sejak 10 tahun yang lalu tepatnya 15 Juli 2011, sebagai bentuk inovasi pembelajaran untuk menyongsong era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Rumah Belajar memungkinkan kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Rumah Belajar menyediakan ribuan konten pembelajaran dalam berbagai format media, antara lain video pembelajaran, audio pembelajaran, multimedia pembelajaran interaktif, game edukasi, simulasi laboratorium maya, bank soal, buku sekolah elektronik, peta budaya, karya bahasa dan sastra, serta masih banyak lagi yang lainnya. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Adapun fitur yang disajikan adalah sebagai berikut.
Fitur Utama:
Kelas Maya
Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
Bank Soal
Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.
Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif.
Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.
Fitur Pendukung:
Peta Budaya
Fitur yang menyajikan konten ragam budaya yang ada diseluruh penjuru wilayah Negara Republik Indonesia, dan dapat dimanfaatkan bagi siswa dan guru sebagai bahan ajar dan menambah khasanah pengetahuan kebudayaan dalam rangka mencintai budaya lokal Indonesia.
Buku Sekolah Elektronik
Fitur yang menyajikan materi ajar bagi guru dan murid berupa buku elektronik sesuai dengan kurikulum pendidikan yang terbaru, yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.
Wahana Jelajah Angkasa
Fitur yang menyajikan pengalaman menjelajahi angkasa luar yang dapat digunakan guru dan murid sebagai bahan belajar dan menambah pengetahuan tentang galaksi dan segala hal yang ada dalam angkasa luar serta menyajikan pengalaman seperti kita sedang menggunakan teleskop untuk mengamati objek yang kita inginkan.
Karya Bahasa dan Sastra
Fitur yang menyajikan konten karya baik bahasa atau sastra misalnya cerpen, puisi dan lain sebagainya, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dan sebagai referensi bagi peserta didik yang ingin mulai mencoba menulis dan gemar membaca.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Fitur yang dapat digunakan untuk guru dalam rangka pengembangan kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komuikasi (TIK) yang dikenal dengan program PembaTIK. PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).
Blog Pena
Fitur yang menyediakan kumpulan berita dan artikel pendidikan yang dapat diakses oleh semua pengguna portal Rumah Belajar,serta para pengguna juga bisa menulis artikel maupun berita pada fitur ini.
Edu Game
Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.
Augmented Reality
Konten pembelajaran Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.
Rumah Belajar dapat menjadi solusi media yang tepat untuk melaksanakan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sebagai wujud implementasi program Merdeka Belajar, dimana proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Para guru juga lebih mudah untuk membuat media pembelajaran dengan sumber referensi yang diambil dari Portal Rumah Belajar. Mari bergabung dengan Rumah Belajar, karena ini adalah bentuk kehadiran pemerintah khususnya oleh Kemendikbudristek yang telah memfasilitasi para pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia untuk menikmati konten pendidikan secara gratis.
Tinggalkan Komentar