Sekilas Info:
Jumat, 26 Jul 2024
  • Pendaftaran Peserta Didik SMK PGRI 1 Jombang akan segera dibuka
27 Februari 2022

Tingkatkan Budaya Literasi, SMK PGRI 1 Jombang Terbitkan Buku Hasil Program Wisata Literasi Guru dan Siswa

Minggu, 27 Februari 2022 Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan
Hj. Sudarti, S.Pd (Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Jombang)

SMK PGRI 1 Jombang  menghasilkan karya nyata terbaik, berupa dua buku ber ISBN (International Standar Book Number)  karya guru dan peserta didik. Dua judul telah diterbitkan masing-masing satu buku karya guru dan kepala sekolah serta satu buku karya peserta didik.

Buku tersebut merupakan hasil perdana dari rangkaian kegiatan peningkatan budaya literasi yang dilaksanakan di SMK PGRI 1 Jombang pada Rabu, 22 September 2021 lalu yang melibatkan Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik yang bertajuk Wisata Literasi Guru dan Siswa yang dimentori oleh duta literasi sekolah yaitu Ibu Yulia Churotin, S. Kom. Salah satu dewan guru berprestasi SMK PGRI 1Jombang.

Dua kegiatan tersebut dilaksanakan dengan dua tema yang berbeda, Wisata Literasi Guru (WLG) mengangkat tema “Pengalaman Menerapkan Metode Pengajaran di Masa Pandemi”  yang melibatkan Kepala Sekolah dan Guru SMK PGRI 1 Jombang. Kepala Sekolah  berkesempatan menyampaikan dalam bentuk tulisan bentuk inovasi kepemimpinan yang dilakukan pada masa pandemi yang sedang berlangsung dan juga melanda dunia pendidikan. Selain Kepala Sekolah, Guru juga berkesempatan menuliskan pengalaman bagaimana menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk mengefektifkan pembelajaran yang dinilai tepat dan sesuai diterapkan pada masa pandemi yang mengharuskan para peserta didik melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR). Sedangkan kegiatan kedua yaitu Wisata Literasi Siswa (WLS) yang bertema “Persahabatan, Keluarga, atau Guru”. Peserta didik berkesempatan menulis karya mereka dalam bentuk puisi, pantun, serta cerpen yang merupakan bentuk ekspresi jiwa dan pemikiran mereka. Dua kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja nyata SMK PGRI 1 Jombang dalam misinya meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah, dan kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang literat. Seorang dikatakan literat jika ia sudah bisa memahami sesuatu karena membaca informasi yang tepat dan melakukan sesuatu berdasarkan pemahamannya terhadap isi bahan bacaan. Kepekaan atau literasi pada seseorang tentu tidak muncul begitu saja, karena hal tersebut maka SMK PGRI Jombang bergerak nyata membudayakan setiap civitas akademika di lingkungan sekolah untuk terbisa dengan kegiatan literasi.

Buku buku yang dihasilkan dari kegiatan ini berbasis pendidikan, dengan menampilkan dua judul yaitu “Inovasi Kepala Sekolah & Guru SMERISA di Masa Pandemi” dan “Kumpulan Puisi dan Pantun Karya Siswa SMERISA”. Berbagai kegiatan serupa akan terus dilakukan dengan harapan berbagai lapisan pendidikan yang terlibat baik guru maupun siswa dapat terbiasa menulis dan dapat menghasilkan dan menerbitkan buku karyanya sendiri, pada akhirnya buku-buku baru dengan beragam judul akan lahir dan memenuhi rak perpustakaan sekolah.

Penulis: Indra Muhamad Nur, S.Pd. (Guru SMK PGRI 1 Jombang)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

  −  1  =  2

Visi Kami

BERKEMBANGNYA PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER DAN PROFESIONAL

Misi Kami

  1. Menyelenggarakan pembinaan dan pendampingan keagamaan dalam rangka peningkatan ketaqwaan sesuai kepercayaan masing-masing.
  2. Menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk memiliki kepribadian dan berakhlak mulia.
  3. Meningkatkan kualitas pendidik yang memenuhi kualifikasi profesional.
  4. Menyelenggarakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler agar peserta didik memiliki multiskills yang mampu mengembangkan kecakapan hidup (life skills).
  5. Melaksanakan pembelajaran berbasis literasi yang menghasilkan layanan jasa atau produk karya inovatif sesuai keahliannya.
  6. Melaksanakan pembelajaran dengan metode yang sesuai dan memaksimalkan fasilitas pembelajaran.
  7. Mengembangkan potensi peserta didik untuk mampu berkompetisi di dunia usaha/dunia industri tingkat regional, nasional dan internasional.
  8. Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik

Tujuan SMK PGRI 1 Jombang

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Peserta didik memiliki kepribadian dan berakhlak mulia.
  3. Membiasakan pelaksanaaan dalam pembelajaran dengan 4C (Comunikasi, Colaborasi, Critis, Creative)
  4. Meningkatkan kreativitas serta inovasi peserta didik
  5. Menumbuhkan semangat berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik bagi peserta didik
  6. Meningkatkan kinerja peserta didik sesuai kompetensi keahliannya
  7. Menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk menjadi wirausahawan yang mampu bersaing di era global.
  8. Peserta didik mampu berkompetisi di dunia usaha/dunia industri tingkat regional, nasional dan internasional.
  9. Peserta didik memiliki sertifikasi kompetensi

MOTTO

MANTAP

Mandiri, Amanah, Nalar, Tangguh, Adil dan Peduli

Temukan Kami

Alamat
Jl. Pattimura V/75 Jombang 61418

Jam Buka
Senin—Jumat: 07:00–15:00

Kerja Sama Dunia Usaha

  • PT. Sumber Alfaria Trijaya, tbk
  • PT. Surabaya Autocomp Indonesia
  • PT. Bumi Menara Internusa Lamongan
  • PT. Millenium Muda Mandiri
  • PT. Mikro Madani Institute

Kelas Industri