Sekilas Info:
Kamis, 25 Jul 2024
  • Pendaftaran Peserta Didik SMK PGRI 1 Jombang akan segera dibuka
22 Desember 2022

GELAR KARYA P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Kamis, 22 Desember 2022 Kategori : Informasi / Pendidikan

Jombang, 22 Desember 2022 telah dilaksanakan Gelar Karya di SMK PGRI 1 Jombang . Gelar Karya ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Dimana, kegiatan ini merupakan implementasi atas ide-ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik berupa olahan makanan, minuman, dan penampilan pentas seni. Semua sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, sudah otomatis melaksanakan Gelar Karya P5. Kegiatan semacam ini sebenarnya sudah setiap tahun dilaksanakan di SMK PGRI 1 Jombang, tetapi istilahnya saja yang berbeda.  Pada tahun-tahun sebelumnya istilah dalam kegiatan ini yaitu food and Handycraf, Sedangkan tahun ini istilahnya Gelar Karya P5. Mengingat kegiatan Gelar Karya tahun ini bebarengan dengan pengambilan rapot, maka yang hadir tidak hanya siswa, tetapi juga wali murid / orang tua.

Gelar Karya pada tahun ini dilaksanakan hanya satu hari yaitu hari kamis 22/11/2022 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Tempat pelaksanakan Gelar Karya yaitu lapangan SMK PGRI 1 Jombang. Sebelum kegiatan Gelar Karya di buka, para pengunjung telah menikmati hiburan, diantaranya ada penampilan Al- Banjari dan Drumband SMK PGRI 1 Jombang. Kegiatan Gelar Karya  ini diawali sambutan  Kepala SMK PGRI 1 Jombang Ibu Hj. Sudarti, S.Pd.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras sehingga Gelar Karya bisa terlaksana. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada K3, Wali kelas serta bapak/ibu guru yang terlibat dalam acara tersebut. Setelah sambutan  kepala SMK PGRI 1 Jombang selesai, dilanjutkan sambutan dari pengawas SMK PGRI 1 Jombang Bapak Drs. H. Suyono, M.M, sekaligus membuka Gelar Karya. Beliau menyampaikan selamat kepada civitas akademika SMK PGRI 1 Jombang yang  telah sukses menggelar acara ini. Beliau juga menyampaikan, acara serupa harus tetap dilanjutkan agar nantinya bisa  menghasilkan lulusan yang berkualitas, serta bisa berkembang sesuai  potensi masing-masing.

Diselah-selah kegiatan Gelar karya, ada kegiatan pemberian piagam penghargaan kepada peserta didik yang peringkat satu di kelas masing-masing. Pemberian piagam penghargaan diterima langsung wali murid. Peserta didik yang mendapatkan piagam penghargaan berhak mendapatkan beasiswa. Beasiswa yang dimaksud yaitu bebas biaya sumbangan komite sekolah ( SKS / SPP ) selama satu semester. Semoga dengan mendapatkan beasiswa, peserta didik bisa lebih bersemangat dalam belajar.

Pada kegiatan Gelar Karya ini melibatkan lima kompetensi keahlian dan unit produksi yang ada di SMK PGRI 1 Jombang. Kompetensi keahlian yang terlibat diantaranya OTKP, AKL, BDPM, TKJ, dan MM. Sedangkang Unit Produksi diantaranya ada  koperasi, BKK dan teaching factory  Mengingat banyaknya kompetensi keahlian dan Unit produksi yang terlibat maka yang disuguhkan dalam Gelar Karya juga bermacam-macam. Ada stand yang menyediakan produk olahan, ada yang menampilkan karya siswa seperti lukisan. Selain itu juga ada hasil keterampilan dari siswa Multimedia yang berupa sablon kaos, hiasan dinding dan lain-lain. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat memperkuat karakter, mengembangkan kompetensinya, mengembangkan keterampilan dan menambah pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri. ( Pilam 44 )

Dokumentasi :

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

45  −  43  =  

Visi Kami

BERKEMBANGNYA PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER DAN PROFESIONAL

Misi Kami

  1. Menyelenggarakan pembinaan dan pendampingan keagamaan dalam rangka peningkatan ketaqwaan sesuai kepercayaan masing-masing.
  2. Menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk memiliki kepribadian dan berakhlak mulia.
  3. Meningkatkan kualitas pendidik yang memenuhi kualifikasi profesional.
  4. Menyelenggarakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler agar peserta didik memiliki multiskills yang mampu mengembangkan kecakapan hidup (life skills).
  5. Melaksanakan pembelajaran berbasis literasi yang menghasilkan layanan jasa atau produk karya inovatif sesuai keahliannya.
  6. Melaksanakan pembelajaran dengan metode yang sesuai dan memaksimalkan fasilitas pembelajaran.
  7. Mengembangkan potensi peserta didik untuk mampu berkompetisi di dunia usaha/dunia industri tingkat regional, nasional dan internasional.
  8. Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik

Tujuan SMK PGRI 1 Jombang

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Peserta didik memiliki kepribadian dan berakhlak mulia.
  3. Membiasakan pelaksanaaan dalam pembelajaran dengan 4C (Comunikasi, Colaborasi, Critis, Creative)
  4. Meningkatkan kreativitas serta inovasi peserta didik
  5. Menumbuhkan semangat berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik bagi peserta didik
  6. Meningkatkan kinerja peserta didik sesuai kompetensi keahliannya
  7. Menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk menjadi wirausahawan yang mampu bersaing di era global.
  8. Peserta didik mampu berkompetisi di dunia usaha/dunia industri tingkat regional, nasional dan internasional.
  9. Peserta didik memiliki sertifikasi kompetensi

MOTTO

MANTAP

Mandiri, Amanah, Nalar, Tangguh, Adil dan Peduli

Temukan Kami

Alamat
Jl. Pattimura V/75 Jombang 61418

Jam Buka
Senin—Jumat: 07:00–15:00

Kerja Sama Dunia Usaha

  • PT. Sumber Alfaria Trijaya, tbk
  • PT. Surabaya Autocomp Indonesia
  • PT. Bumi Menara Internusa Lamongan
  • PT. Millenium Muda Mandiri
  • PT. Mikro Madani Institute

Kelas Industri